Triple cutes yaitu sebuah
permainan sederhana untuk mengasah otak dan berhubungan juga dengan AI
(Artificial Intelegence).
Disini saya menggunakan
gambar bear cewe dan bear cowo yang kedua dimentionsnya berukuran 40x40 atau berukuran 4,74 kb sebagai pengganti “ x dan o ”.
Saya mengembangkan permainan
Tick-Tack-Toe
4x4 menjadi game tick-tack-toe 6x6
yang kemudian diberi judul “Triple Cutes” karena tampilannya yang lucu
dan menarik.
Tidak ada batasan usia untuk memainkan permainan ini. Asalkan mampu dan mengerti
pengoperasian komputer maka dapat memainkan game ini. Dan dalam permainan ini yang dibutuhkan hanya sebuah ketelitian
dan kecermatan saja.
Dalam permainan ini saya akan menampilkan 6x6 field kosong sebagai area awal permainan,
dan saya sebagai pemain akan bertindak sebagai pemain pertama kemudian dilanjuti oleh komputer sebagai lawan yang bertindak sebagai pemain ke dua.

Dalam permainan Triple
Cutes ini, pemain tidak dibatasi oleh limit waktu karena segala kemungkinan
yang ada dalam pikiran pemain bisa berubah, sehingga pemain dituntut untuk
berpikir keras bagaimana agar bisa memenangkan permainan.
Rules
Peraturan dalam permainan ini tidak rumit
tapi juga tidak mudah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah
ketelitian dan kecermatan dalam mengisi field kosong hingga dapat membentuk sebuah garis vertikal, horizontal ataupun diagonal
dengan icon untuk
pemain dan icon ini
untuk computer.
Aturan
main (Rule) yang digunakan pada permainan Triple Cutes ini adalah sebagai berikut:
1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user
menentukan letak dari symbol
yang akan dimainkan. User diberi kebebasan untuk meletakan symbol dimana saja selama berada di papan permainan.
2. Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi
jalan user untuk mencapai Goal
(Tujuan).
3. Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan
games ini (membentuk suatu galis lurus berdasarkan simbolnya) .
Goal
Permainan ini memiliki goal / tujuan yaitu
menyelesaikan permainan ini dimana permainan dapat terselesaikan jika kita
membentuk sebuah garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan icon yang sama.


bentuk icon atau baik
secara vertical,horizontal dan diagonal maka
pemain tersebutlah yang akan menang.
Contoh permainan yang menang:
![]() |
|||
![]() |
|||
Gambar 1.5 Tampilan Menang
Contoh permainan menuju detik-detik kemenangan:
![]() |

Gambar 1.6 Tampilan detik-detik kemenangan

![]() |
Gambar 1.7 Tampilan Kalah


Gambar 1.8 Tampilan detik-detik computer menang
Konsep
Artificial Intelligience
Game ini
berbasis Artificial intelligience (kecerdasan buatan).
Komputer
akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain agar
gagal membentuk suatu garis. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar
menjadi pemenang. Seperti pada gambar dibawah, dimana computer selalu berusaha
menutup peluang seorang pemain untuk memenangkan permainan.

Gambar 1.9 Tampilan cara kerja AI
Permainan
ini mengunakan algoritma minimax. Algoritma
minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI.
Pada
algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir
permainan dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar