Minggu, 02 Desember 2012

triple cutes - tic tac toe 6x6


Triple cutes yaitu sebuah permainan sederhana untuk mengasah otak dan berhubungan juga dengan AI (Artificial Intelegence).
Disini saya menggunakan gambar bear cewe dan bear cowo yang kedua dimentionsnya berukuran 40x40 atau berukuran 4,74 kb sebagai pengganti “ x dan o ”.
Saya mengembangkan permainan Tick-Tack-Toe 4x4 menjadi game tick-tack-toe 6x6  yang kemudian diberi judul “Triple Cutes” karena tampilannya yang lucu dan menarik.
Tidak ada batasan usia untuk memainkan permainan ini. Asalkan mampu dan mengerti pengoperasian komputer maka dapat memainkan game ini. Dan dalam permainan ini yang dibutuhkan hanya sebuah ketelitian dan kecermatan saja.
Dalam permainan ini saya akan menampilkan 6x6 field kosong sebagai area awal permainan, dan saya sebagai pemain akan bertindak sebagai pemain pertama kemudian dilanjuti oleh komputer sebagai lawan yang bertindak sebagai pemain ke dua.
Dalam permainan Triple Cutes ini, pemain tidak dibatasi oleh limit waktu karena segala kemungkinan yang ada dalam pikiran pemain bisa berubah, sehingga pemain dituntut untuk berpikir keras bagaimana agar bisa memenangkan permainan.
Rules
Peraturan dalam permainan ini tidak rumit tapi juga tidak mudah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah ketelitian dan kecermatan dalam mengisi field kosong hingga dapat membentuk  sebuah garis vertikal, horizontal ataupun diagonal
dengan icon                 untuk pemain dan icon ini                   untuk computer.
            Aturan main (Rule) yang digunakan pada permainan Triple Cutes ini adalah sebagai berikut:
1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari symbol yang akan dimainkan. User diberi kebebasan untuk meletakan symbol dimana saja selama berada di papan permainan.
2. Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3. Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini (membentuk suatu galis lurus berdasarkan simbolnya) .

Goal
Permainan ini memiliki goal / tujuan yaitu menyelesaikan permainan ini dimana permainan dapat terselesaikan jika kita membentuk sebuah garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan icon yang sama.
Jika field-field kosong dalam kotak yg berukuran 6x6 sudah penuh terisi oleh
bentuk icon              atau              baik secara vertical,horizontal dan diagonal maka
pemain  tersebutlah  yang akan menang.
Contoh permainan yang menang:








 







                                    Gambar 1.5 Tampilan Menang


Contoh permainan menuju detik-detik kemenangan:


 





                        Gambar 1.6 Tampilan detik-detik kemenangan
Contoh permainan yang kalah:
                                                                                         


 






                                                Gambar 1.7 Tampilan Kalah
Contoh permainan menuju detik-detik kekalahan:

                     




Gambar 1.8 Tampilan detik-detik computer menang
Konsep Artificial Intelligience
          Game ini berbasis Artificial intelligience (kecerdasan buatan).
            Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain agar gagal membentuk suatu garis. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Seperti pada gambar dibawah, dimana computer selalu berusaha menutup peluang seorang pemain untuk memenangkan permainan.


 




Gambar 1.9 Tampilan cara kerja AI
Permainan ini mengunakan algoritma minimax.  Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI.
Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar