Jumat, 25 Januari 2013

animasi bendera


Selanjutnya kita akan membuat bendera yang bergerak.
Yang pertama kita lakukan adalah mesh – plane. Kemudian kita membuat ukurannya sesuai keinginan kita. Lalu edit mode ctrl+r untuk vertical dan horizontal secukupnya. Lalu titik sebelah kiri kita drag atas, bawah, tengah.  Langkah selanjutnya tekan A untuk deselect à Tekan B untuk Box Selection pada ujung Kiri atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab Object data à Vertex Grup à tekan tanda + à isi namanya dengan simpul à enter à klik Assign, artinya vertex yang tadi diseleksi sudah di cocokan dengan nama vertex grup yang telah dibuat.
Kemudian memberikan material, pertama kita pastikan tidak ada yang objek yang lagi aktif. Kemudian klik b dan pilih bagian mana yang akan kita kasih warna. Masuk ke tab Material à tekan tanda + à Pilih new material à ganti nama material menjadi merah à pada bagian diffuse color pilih warna merah. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas pada diffuse à klik assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi. Untuk bagian bawah sama caranya hanya warnanya diganti warna putih.
Sekarang kita akan membuat angin agar benderanya berkibar. Klik a, Shift+A à Force field à Wind kemudian rotate searach sumbu X, tekan R – X - -90 dan pastikan wind berada di dekat bendera. Lalu kita ke tab physic,ubah strength menjadi 300 dan noice menjadi 10
Selanjutnya kita klik benderanya, lalu kita masuk ke pyhsic à cloth à beri tanda checklist pada pinning à pada kolom di bawah pinning isikan menjadi simpul à pada bagian cloth collision  beri tanda checklist pada self collision agar tidak ada kain yang tembus. Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan, begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.
Masih aktif di benderan lalu kita pilih smooth untuk shading sehingga saat dijalankan tidak ada face lagi yang kelihatan. Dan sekarang di play, maka bendera akan berkibar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar