Selanjutnya kita akan membuat
bendera yang bergerak.
Yang
pertama kita lakukan adalah mesh – plane. Kemudian kita membuat ukurannya
sesuai keinginan kita. Lalu edit mode ctrl+r untuk vertical dan horizontal
secukupnya. Lalu titik sebelah kiri kita drag atas, bawah, tengah.
Langkah
selanjutnya tekan A untuk deselect à Tekan B untuk
Box Selection pada ujung Kiri atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab
Object data à Vertex Grup à tekan tanda + à isi namanya dengan simpul à enter à klik Assign, artinya vertex yang tadi
diseleksi sudah di cocokan dengan nama vertex grup yang telah dibuat.
Kemudian memberikan material,
pertama kita pastikan tidak ada yang objek yang lagi aktif. Kemudian klik b dan
pilih bagian mana yang akan kita kasih warna. Masuk ke tab Material à tekan tanda + à Pilih new material à ganti nama material menjadi merah à pada bagian diffuse color pilih warna
merah. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas pada diffuse à klik assign artinya teraplikasi pada
face yang diseleksi. Untuk bagian bawah sama caranya
hanya warnanya diganti warna putih.
Sekarang kita akan membuat
angin agar benderanya berkibar. Klik a, Shift+A à Force field à Wind
kemudian rotate searach sumbu X, tekan R – X - -90 dan pastikan wind berada di
dekat bendera. Lalu kita ke tab physic,ubah strength menjadi 300 dan noice
menjadi 10
Selanjutnya kita klik benderanya, lalu kita masuk ke pyhsic à cloth à beri tanda checklist pada pinning à pada kolom di bawah pinning isikan
menjadi simpul à pada bagian cloth collision beri tanda checklist pada self collision agar
tidak ada kain yang tembus. Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan,
begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.
Masih aktif di benderan lalu
kita pilih smooth untuk shading sehingga saat dijalankan tidak ada face lagi
yang kelihatan. Dan sekarang di play, maka bendera akan berkibar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar