Senin, 22 Oktober 2012

Perkembangan Grafis dan Permodelan serta Pengaruh Perkembangan Teknologi


Hai, 

Yuk sama-sama kita ulas kembali mengenai desain grafis dan pemodelan grafis beserta pengaruh dari perkembangannya hingga saat ini.

Desain Grafis

adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa disembunyikan. desain grafis ditetapkan dalam desain komunikasi dan fine art.

       
Sejarah Desain Grafis 
  1. Awalnya desan grafis telah ditemukan sekitar 15.000 – 1000 sebelum masehi. Dimana orang-orang roma telah menggunakan gambaran diatas dinding gua senagai bahasa virtual.
  2. Kemudian pada tahun 1880, New York Daily Graphic banyak menggunakan elemen grafik yaitu dengan memasukkan elemen fotografi.
  3. Pada tahun yang sama , poster ilustrasi berwarna dihasilkan dan dilekatkan disekitar Bandar di amerika dan eropa.
  4. Pada tahun 1930 hingga 1930, kumpulan avant grade telah memperkenalkan istilah art nouveu yang mempelopori seni huruf.
  5. Antara pereka grafik yang terkenal dalam kumpulan avant grade ialah hendri de Toulouse-lautrece (1864-1901), peter Behrens (1869 – 1940), jules cheret (1836 – 1932).
Pemodelan grafis 

adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.

  • Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
  • Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.


Pengaruh perkembangan grafis pada tekonolgi  memiliki dampak positif dan negatif

  • Dampak positif:

1. Para desainer dapat memperkenalkan karyanya secara luas
2. Software desain pun semakin canggih
3. Mempermudah sesama desainer untuk bekerja sama
4. Menjual secara online hasil karya yang diciptakan
5. Karya yang di hasilkan akan lebih bagus atau lembut

  • Dampak negative:

1. Akan menjadi plagian karena mungkin menggunakan software yang sama (tidak hasil karya         tangan sendiri)
2. Membuat masyarakat lebih memilih internet di banding hasil tangan


Thanks To:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar