Rabu, 24 Oktober 2012

Pencitraan



Siapa sih yang belom pernah denger kata pencitraan? Dan apa yang kalian ketahui tentang pencitraan?
Definisi pencitraan dari beberapa rekan teman:
1.        Pencitraan adalah gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai pribadi maupun nonpribadi.
2.      Pencitraan adalah penggambaran tentang suatu tokoh atau seseorang dalam situasi dan kondisi tertentu.
3.      Pencitraan adalah persepsi banyak orang tentang ucapan, tindakan dan perilaku seseorang pemimpin.

Definisi Kata

cit.ra
[kl n] (1) rupa; gambar; gambaran; (2) Man gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk; (3) Sas kesan mental atau bayangan visual yg ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat, dan merupakan unsur dasar yg khas dl karya prosa dan puisi; (4) Hut data atau informasi dr potret udara untuk bahan evaluasi; — perbankan gambaran mengenai dunia perbankan: kejadian spt itu jelas tidak menguntungkan dl upaya meningkatkan — perbankan kita di mata internasional.

pen.cit.ra.an
(1) Sebuah usaha untuk menonjolkan citra terbaik di mata publik; (2) Usaha pembuktian keeksisan; (3) Menunjukkan apa yang dirasakan secara sangat berlebihan hingga tidak sesuai lagi.

Definisi Umum pencitraan

Pencitraan adalah suatu upaya pembentukan opini publik sesuai dengan harapan pihak yang melakukan pencitraan tersebut. Umumnya, yang melakukan pencitraan ini adalah orang yang bersangkutan. Tetapi, bisa juga dilakukan dengan bantuan tim sukses atau orang terdekat. 

Apa unsur-unsur pencitraan?

1.        subjek pencitraan -> pribadi atau nonpribadi
2.      objek pencitraan -> peristiwa atau kondisi/situasi
3. tujuan pencitraan -> Memberi gambaran/persepsi yang baik terhadap subjek pencitraan

Apa beda pencitraan dan bukan pencitraan?

1.        Pencitraan apabila perilakunya  (yang baik) dipublikasikan, baik sengaja maupun tidak sengaja.
2.  Bukan pencitraan apabila perilakunya (yang baik) tidak dipublikasikan, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Ada berapa macam pencitraan?

Pada dasarnya ada dua macam pencitraan:
1.        Pencitraan yang disengaja
Contoh: Berbicara di hadapan banyak wartawan
2.      Pencitraan yang tidak disengaja
Contoh: Tanpa sepengetahuannya, perilakunya diberitakan wartawan.

 

Fakta

1.     Pencitraan awalnya adalah istilah yang digunakan bagi para politisi yang tiba-tiba jadi banyak berbuat amal menjelang pemilu. Hal ini digunakan untuk memperbaiki citra mereka di mata publik.
2.   Pencitraan mulai bergeser makna ketika social media seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare mulai merajalela di Indonesia. Untuk pertama kalinya, user bisa memamerkan apa yang mereka rasakan/sedang makan/sedang lihat/sedang dipikirkan kepada banyak orang sekaligus.
3. Pencitraan model baru ini semakin merajalela dengan semakin merajalelanya ponsel-ponsel yang bisa internetan di Indonesia. Ponsel-ponsel ini memungkinkan semua orang untuk update status dimanapun kapanpun tanpa perlu menunggu pulang ke rumah atau pergi ke warnet.
4.  Hal-hal yang paling banyak digunakan untuk pencitraan: Makanan, event, konser band, tempat, dan kegalauan

Tips Melakukan Pencitraan

Tidak ada yang salah dengan pencitraan, asal dilakukan dengan benar. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan kalau hendak melakukan pencitraan:
1.        Lakukan pencitraan hanya jika kamu benar-benar mengalami kejadian yang kamu citrakan. Jangan pernah berbohong demi nama pencitraan, karena nantinya kalo ketahuan, kamu malah bakal dibilang pembohong.
2.      Kalo mau pencitraan jangan panjang-panjang. Cukup satu update status yang singkat, padat, jelas, dan menuai comment. Ingat anda mau melakukan pencitraan, bukan kultwit.
3.      Jangan membuat pencitraan yang orang-orang tidak peduli atau tidak mau tahu, seperti misalnya kayak gimana bentuk pup kamu hari ini. Ingat, tujuan dari pencitraan adalah membuat orang lain iri hati dan menyesal bahwa mereka bukanlah kamu.

Ciptakanlah pencitraan diriMu yang baik terhadap publik dari segi apapun karena tanpa kita sadari pencitraan itu memang perlu walaupun tidak mesti merubah diri kita menjadi orang lain, so just be your self guys....

THANK YOU FOR READING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar