Jumat, 25 Januari 2013

animasi bendera


Selanjutnya kita akan membuat bendera yang bergerak.
Yang pertama kita lakukan adalah mesh – plane. Kemudian kita membuat ukurannya sesuai keinginan kita. Lalu edit mode ctrl+r untuk vertical dan horizontal secukupnya. Lalu titik sebelah kiri kita drag atas, bawah, tengah.  Langkah selanjutnya tekan A untuk deselect à Tekan B untuk Box Selection pada ujung Kiri atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab Object data à Vertex Grup à tekan tanda + à isi namanya dengan simpul à enter à klik Assign, artinya vertex yang tadi diseleksi sudah di cocokan dengan nama vertex grup yang telah dibuat.
Kemudian memberikan material, pertama kita pastikan tidak ada yang objek yang lagi aktif. Kemudian klik b dan pilih bagian mana yang akan kita kasih warna. Masuk ke tab Material à tekan tanda + à Pilih new material à ganti nama material menjadi merah à pada bagian diffuse color pilih warna merah. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas pada diffuse à klik assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi. Untuk bagian bawah sama caranya hanya warnanya diganti warna putih.
Sekarang kita akan membuat angin agar benderanya berkibar. Klik a, Shift+A à Force field à Wind kemudian rotate searach sumbu X, tekan R – X - -90 dan pastikan wind berada di dekat bendera. Lalu kita ke tab physic,ubah strength menjadi 300 dan noice menjadi 10
Selanjutnya kita klik benderanya, lalu kita masuk ke pyhsic à cloth à beri tanda checklist pada pinning à pada kolom di bawah pinning isikan menjadi simpul à pada bagian cloth collision  beri tanda checklist pada self collision agar tidak ada kain yang tembus. Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan, begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.
Masih aktif di benderan lalu kita pilih smooth untuk shading sehingga saat dijalankan tidak ada face lagi yang kelihatan. Dan sekarang di play, maka bendera akan berkibar

Selasa, 22 Januari 2013

Memberi Texture - BLENDER


saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat texturenya terlebih dahulu.
Pertama-tama klik kanan atau select terlebih dahulu object yang akan kita beri texture seperti dibawah ini contohnya saya menselect meja:
setelah itu buka textures seperti gambar di bawah ini :
Selanjutnya klik new
Selanjutnya klik clouds seperti gambar d bawah :
Setelah d klick terdapat tampilan seperti di bawah ini, pilih image or movie
Selanjutnya tarik scrol kebawah klick open
Setelah itu pilih tekstur gambar ber format .jpeg yang ada didalam folder project tersebut dan Setelah itu open image
Terdapat sebuah tekstur di samping kanan.
Setelah itu cara melihat hasil tekstur kita render dengan cara render – render image

Membuat Object Bangku + Pewarnaan - BLENDER


objek bangku dan memberi pewrnaan terhadap objek meja J
Perintah-perintah dasar untukmembuat objek meja maupun bangku diatas adalah enganmenggunakan :
·         S+x à untuk melebarkan objek
·         S+z à untuk memperbesar dan memperkecil objek
·         S+y à untuk objek melebar kesamping
·         TAB à untuk pindah ke object select mode atau sebaliknya
·         E à untuk extrude
·         R à untuk rotate (putaran)
·         S à untuk scale (pembesaran/pengecilan)
·         Duplicate objects à untuk menggandakan objek
Selanjutnya pewarnaan dapat dipilih sesuka hati atau sesuai objek seperti berikut:

Membuat Object Meja - BLENDER


Langkah awalnya saya menggunakan
Setelah itu cube akan tersedia pada layar utama blender
S untuk memperbesar ukuran kubus tersebut
Kemudian  S + Z untuk memipihkan kubus tersebut sehingga dapat bentuk sebagai berikut
Diobject cube yang sudah saya klik kanan kemudian saya rubah modenya menjadi edit mode pada properties dibawah seperti ini
Kemudian CTRL + R untuk mendapatkan beberapa bagian vertical dari cube ketika kita menggeser scroll pada mouse seperti berikut:
Kemudian CTRL + R untuk mendapatkan beberapa bagian horizontall dari cube ketika kita menggeser scroll pada mouse seperti berikut:
Dilihat dan ditentukan bagian mana yang merupakan bagian bawah dari cube agar dapat diberi kakii meja
Kemudian pilih face select pada properties dibawah seperti ini
Seperti yang kita ketahui meja memiliki empat kaki dari setiap ujung-ujung sisi cube tadi, cara menarik kaki dengan menandainya terlebih dahulu dengan SHIFT + Klik kiri kepada setiap ujung cube.
Setelah itu tekan E dan tarik ke bawah sehingga kaki-kaki meja terbentuk dengan sama besar dan sama panjang
Jadi deh mejanya